Konsentrasi Jurusan yang Tersedia di APN Medan (2021/2022)
Room Division Management
Room Division merupakan sebuah departemen hotel yang terdiri gabungan dua departemen yang mempunyai peran dan tanggung jawab terhadap reservasi kamar dan penerimaan tamu serta memberikan pelayanan kebersihan, perawatan dan pemeliharaan kamar serta area-area umum di hotel.
APN Medan memiliki dua struktur pembagian dalam Room Division Management
Front Office Department mempunyai peranan yang yang sangat penting dan berpengaruh terhadap kelancaran jalannya operasional kantor. Karena dari merekalah tamu/pengunjung akan menerima sambutan, termasuk koordinasi dengan pihak kantor berikutnya. Hampir semua kegiatan yang ada di Front Office berhubungan dengan tamu/pelanggan baik secara langsung maupun tidak langsung.
Tugas yang paling umum staff front office adalah melayani tamu dan membantu secara internal di Hotel. Staf front office juga menangani tugas sederhana, seperti mengetik dan mencetak tugas, menjawab telepon, dll.
Tata graha, atau biasa disebut housekeeping, adalah departemen yang memiliki tugas untuk menjaga, merawat, membersihkan, serta memelihara ruangan-ruangan hotel baik di dalam atau di luar kamar hotel.
Dengan kata lain, ruang lingkup pekerjaan housekeeping bukan hanya menangani kamar-kamar tamu, melainkan juga termasuk area hotel secara keseluruhan.
Area hotel yang berada di luar termasuk area parkir, taman, kolam renang, dan lain-lain.
Sedangkan untuk area dalam hotel, selain menangani kamar-kamar tamu, housekeeping juga menangani ruangan-ruangan yang disewa seperti arcade, drugstore, bank, money changer, travel agent, beauty salon, barber shop, meeting room, restaurant dan lain-lain.
Jadi, housekeepingdepartment mempunyai tugas dan tanggung jawab menjaga kebersihan, kerapian dan keindahan serta kenyamanan seluruh area tersebut.
2. Food and Beverage Division
F&B merupakan salah satu department di hotel yang berfokus pada pelayanan makanan dan minuman untuk mencapai kepuasan pelanggan. Selain di hotel, department ini mungkin juga bisa Anda jumpai di restoran, penerbangan, rumah sakit, kapal pesiar maupun perkereta apian.
Seorang yang bekerja di bidang Food and Beverage Service ini diharuskan untuk tampil rapi, ramah dan sopan serta mampu berkomunikasi dengan baik juga cekatan. Mengingat pekerjaan ini bergerak dalam bidang jasa pelayanan dan selalu bertemu dengan banyak orang setiap harinya.
Adapun Food and Beverage Service membawahi beberapa bidang pelayanan, diantaranya adalah:
Merupakan bagian dari Food and Beverage Department yang dikelola secara komersial untuk memberikan pelayanan makan dan minum kepada semua tamu yang datang.
Merupakan bagian yang melayani dan menyediakan berbagai macam minuman baik yang tidak atau mengandung alkohol untuk diminum di tempat. Adapun bar ini bisa berupa tempat/spot kecil atau bisa juga berbentuk konter minuman.
Merupakan bagian yang bertugas untuk menangani segala bentuk kegiatan jamuan atau pesta yang diselenggarakan oleh pihak yang membuat pemesanan ke hotel. Jadi semua akan dipersiapkan secara matang, baik jumlah tamu, menu maupun waktu pelaksanaannya.
Merupakan bagian yang menyediakan pelayanan makan dan minum di dalam kamar tamu. Jadi ketika direstoran tamu bisa memesan makanan langsung ke waiter/waitress, namun ketika di kamar tamu bisa memesan makanan melalui telepon.
3. Food Production Management
Food production adalah bagian yang bertugas untuk memproduksi makanan, bagian ini biasanya ada di dapur dimana makanan dan minuman akan diproduksi.
Skill & knowledge yang akan dipelajari mengenai introduction to hospitality, introduction to food production, cutting method, cooking method, stock & sauce, make appetizer, soup, main-course, dessert, platting & garnish serta mata kuliah lainnya diajarkan melalui teori dan praktek secara langsung.
4. Cruise Ship
Seluruh materi yang akan diberikan adalah materi perkuliahan perhotelan umum, namun diimplementasi dan dikategorikan sebagai Floating Hotel